Sabtu, Februari 28, 2009

KEBETULAN YANG INDAH….

Pagi ini aku sibuk menelusuri halaman-halaman di beranda google yang akhir-akhir ini menjadi salah satu kegiatanku. Setelah beberapa ‘page’ ku buka dan ku baca akhirnya aku terhenti pada satu ‘page’ Mira W, siapa yang tidak mengenal nama itu..? !! Seorang penulis terkenal.

“W” merupakan nama belakang dari penulis tersebut, Widjaya. Tapi, sebenarnya bukan ini yang menjadi pusat perhatianku. Aku tersenyum pada satu kalimat yang semakin membuatku tertarik untuk membuka ‘page’ itu secara lengkap.

Biographi seorang Mira. W alias Mira Widjaya.
Lahir pada tanggal 13 September 1951 di Jakarta. Menyelesaikan pendidikan di fakultas kedokteran Universitas Trisakti. Berprofesi sebagai dokter yang mempunyai kegemaran menulis. Mulai menulis pada tahun 1975 dengan memakai nama M. Widjaya, sebuah cerpen berjudul Benteng kasih.

Nah, seperti yang telah kutulis di depan, aku tertarik pada satu kalimat, biodata seorang Mira. W. “Lahir pada tanggal 13 September 1951”. Dari keterangan itu artinya kami mempunyai tanggal lahir yang sama dan sama-sama berbintang virgo. Tapi, tentunya shio kami berbeda karena terlahir di tahun yang berbeda, aku bershio tikus.

Suatu kesenangan tersendiri bila ternyata ada kesamaan tanggal lahir kita dengan seseorang yang telah dikenal banyak orang, apalagi orang itu adalah seorang penulis yang dunianya mulai kita gemari. Tidak itu saja, ku cermati cerita demi cerita dalam biographinya, aku mulai merasa kebetulan itu kembali muncul dipenggalan ini, “Ia mulai menulis pada tahun 1975”. Itu artinya pada usia 24 tahun (1951 – 1975) ia mulai menulis, mengumpulkan cerpen-cerpennya ke dalam sebuah buku. Sangat menarik, aku merasa kesamaan kami benar-benar suatu kebetulan yang indah.

Aku bukan seorang penulis tapi akan “menjadi” (bc: menjadi sesuatu, from zero to hero) yang membuatku menikmati hidup. Terpaksa aku sedikit memperkenalkan diri untuk melihat kesamaan, walau lebih terlihat ’promosi’, yang sedari tadi aku paparkan.

I’m not a girl, not yet a women…
Idiom yang tepat untuk menggambarkan seorang aku. Seseorang yang masih dalam proses pencarian konotasi diri secara utuh, bermetamorfosis untuk menjadi seekor kupu-kupu manis, menjadi seperti apa yang aku pikirkan. Ade shinta dewi, nama yang dihadiahkan Orangtua padaku, dikalangan teman-teman lebih dikenal dengan Ade. SD. Lahir pada tanggal 13 September 1984 di Jambi. Menyelesaikan pendidikan di fakultas Teknik Universitas Bung Hatta.

Kapan persisnya gemar menulis aku sendiri tidak pernah menyadarinya, yang aku tahu, setiap kejadian yang terjadi padaku atau oranglain selalu saja ingin aku rangkai menjadi sebuah cerita. Dari sana aku bisa mengetahui hikmah apa yang bisa didapatkan. Awalnya hanya ingin membuat ’daily note’ yang suatu saat bisa kubaca kembali, tapi kemudian berlahan mulai memikirkan untuk bisa berbagi cerita kepada oranglain. Aku memperkenalkan tulisanku yang berjudul ”Rama & Shinta” sekarang (saat ini usiaku 24 tahun, 1984 – 2009), walau sebenarnya ini bukan karya pertama, tapi ini merupakan karya yang sangat menyita waktu, hati dan pikiranku. Tentunya hal-hal yang menjadikan kebetulan yang indah tadi membuatku termotovasi untuk terus mengasah kemampuan terpendam ini. Aku hanya salah satu dari banyak orang yang mempunyai kemampuan terpendam yang belum terasah, bukan juga ingin menyama-yamakan diri hanya karena suatu kebetulan, jelas tidak sama antara aku dengan seorang Mira. W. Tidak ada yang dikondisikan untuk menjadi harus persis sama, karena ini bukan ’reality show’, cerita tentangku belum berakhir berbeda dengan seorang Mira W yang sudah memjadi seseorang yang utuh.

Akhir kata...
Ketika sesuatu yang mungkin terjadi pada diri kita sudah terjadi terlebih dahulu pada diri oranglain, berbuatlah sesuatu, karena kita adalah seperti apa yang kita pikirkan.


- asd -

1 komentar:

Tika sumadiyono mengatakan...

Hallo. Ketdk sengajaan yg benar2 indah. Surprise. Aq jg mempunyai tgl lahir yg sama dgnmu. Senang mendengarnya :) kunjung2 ke blog.Ku ya... C u